Kamis, 30 Agustus 2012

Giorgio Baglivi




Gjuro Baglivi, juga Giorgio Baglivi, (September 8, 1668 di Dubrovnik - 15 Juni 1707 di Roma ) adalah seorang Italia dokter dan ilmuwan, lahir dalam keadaan miskin di Ragusa di Dalmatia, nama aslinya menjadi Armeno . Keluarganya segera dihapus ke Lecce di Apulia, dan Giorgio mengambil nama dari ayah angkatnya, seorang dokter kaya bernama Pier Angelo Baglivi. Dia membuat kontribusi penting untuk pendidikan klinis, berdasarkan praktik medisnya sendiri, dan di De Fibra Motrice mengemukakan teori bahwa bagian padat dari organ yang lebih penting untuk fungsi yang baik mereka daripada cairan mereka.






Baglivi bepergian secara luas di Italia, di mana ia bekerja di rumah sakit di Padua, Venice, Florence dan Bologna dan di Belanda dan Inggris (1.688-1.692). Dia Asisten Marcello Malpighi pertama di Bologna dan kemudian di Roma (1.691-1.694). Dia ditunjuk untuk Dokter Paus Innocent XII dan Clement XI, Guru Bedah dan Anatomi di La Sapienza, Roma pada 1696 dan Profesor Kedokteran Teoritis pada tahun 1700. Dia terpilih sebagai Fellow dari Royal Society pada bulan Juli 1698.


Baglivi melakukan percobaan pada anjing dan katak, melakukan otopsi dan membuat pemeriksaan mikroskopis dari serat otot dan selaput otak ( meninges dan dura mater ). Dia membedah hewan seperti singa, kura-kura, ular dan rusa, membuat penemuan morfologi dan fisiologis dan bereksperimen dengan obat-obatan beracun. Dia merasa bahwa dokter telah terlalu mudah menjadi budak teori, sistem dan hipotesis. Sesuai dengan semangat zamannya, ia menyerang medico-filosofis sistem, dan sebaliknya menekankan Hipokrates prinsip pengamatan klinis suara.


Menjadi cenderung ke arah matematika dan kuantifikasi dalam kedokteran, Baglivi memandang proses fisiologis dalam hal mekanik, berperilaku seperti bagian mesin. Dia adalah "seorang peneliti fisiologis dibedakan terpesona oleh saraf, studi mikroskopis nya memungkinkan dia untuk membedakan antara otot polos dan lurik dan jenis yang berbeda dari serat."


Karya-karyanya dikumpulkan, ditulis dalam bahasa Latin , menikmati lebih dari 20 edisi, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Italia, Perancis, Jerman dan Inggris. The Académie Française menerimanya sebagai "Membre d'honneur". Baglivi juga anggota dari dell'Arcadia Accademia






KARYA DITERBITKAN:


*De praxi medica ad priscam observandi rationem ravocanda, (Rome, 1696), trans. sebagai The Practice of Physick, London, 1704)


*De fiber Motrice, et morbosa, nec non de experimentis, ac morbis salivae, bilis et sanguinis, (Perugia, 1700)


*Spesimen quatuor libroum de fiber Motrice et morbosa, (Rome, 1702)


*Canones de medicina solidorum ad rektum statices usum, (Rome, 1704)


*Opera omnia medico-Practica et anatomica, (Lyons, 1704;. Ed diperbesar baru, 1710)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

..:: Perhatian !! terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya by http://www.little-vinta.blogspot.com dan blog ini setiap harinya di update::..