Kamis, 30 Agustus 2012
Giorgio Baglivi
Gjuro Baglivi, juga Giorgio Baglivi, (September 8, 1668 di Dubrovnik - 15 Juni 1707 di Roma ) adalah seorang Italia dokter dan ilmuwan, lahir dalam keadaan miskin di Ragusa di Dalmatia, nama aslinya menjadi Armeno . Keluarganya segera dihapus ke Lecce di Apulia, dan Giorgio mengambil nama dari ayah angkatnya, seorang dokter kaya bernama Pier Angelo Baglivi. Dia membuat kontribusi penting untuk pendidikan klinis, berdasarkan praktik medisnya sendiri, dan di De Fibra Motrice mengemukakan teori bahwa bagian padat dari organ yang lebih penting untuk fungsi yang baik mereka daripada cairan mereka.
Baglivi bepergian secara luas di Italia, di mana ia bekerja di rumah sakit di Padua, Venice, Florence dan Bologna dan di Belanda dan Inggris (1.688-1.692). Dia Asisten Marcello Malpighi pertama di Bologna dan kemudian di Roma (1.691-1.694). Dia ditunjuk untuk Dokter Paus Innocent XII dan Clement XI, Guru Bedah dan Anatomi di La Sapienza, Roma pada 1696 dan Profesor Kedokteran Teoritis pada tahun 1700. Dia terpilih sebagai Fellow dari Royal Society pada bulan Juli 1698.
Baglivi melakukan percobaan pada anjing dan katak, melakukan otopsi dan membuat pemeriksaan mikroskopis dari serat otot dan selaput otak ( meninges dan dura mater ). Dia membedah hewan seperti singa, kura-kura, ular dan rusa, membuat penemuan morfologi dan fisiologis dan bereksperimen dengan obat-obatan beracun. Dia merasa bahwa dokter telah terlalu mudah menjadi budak teori, sistem dan hipotesis. Sesuai dengan semangat zamannya, ia menyerang medico-filosofis sistem, dan sebaliknya menekankan Hipokrates prinsip pengamatan klinis suara.
Menjadi cenderung ke arah matematika dan kuantifikasi dalam kedokteran, Baglivi memandang proses fisiologis dalam hal mekanik, berperilaku seperti bagian mesin. Dia adalah "seorang peneliti fisiologis dibedakan terpesona oleh saraf, studi mikroskopis nya memungkinkan dia untuk membedakan antara otot polos dan lurik dan jenis yang berbeda dari serat."
Karya-karyanya dikumpulkan, ditulis dalam bahasa Latin , menikmati lebih dari 20 edisi, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Italia, Perancis, Jerman dan Inggris. The Académie Française menerimanya sebagai "Membre d'honneur". Baglivi juga anggota dari dell'Arcadia Accademia
KARYA DITERBITKAN:
*De praxi medica ad priscam observandi rationem ravocanda, (Rome, 1696), trans. sebagai The Practice of Physick, London, 1704)
*De fiber Motrice, et morbosa, nec non de experimentis, ac morbis salivae, bilis et sanguinis, (Perugia, 1700)
*Spesimen quatuor libroum de fiber Motrice et morbosa, (Rome, 1702)
*Canones de medicina solidorum ad rektum statices usum, (Rome, 1704)
*Opera omnia medico-Practica et anatomica, (Lyons, 1704;. Ed diperbesar baru, 1710)
Academy Of Arcadia
The Academy of Arcadia atau Akademi Arcadians (resmi nama Italia: Pontificia Accademia degli Arcadi) adalah seorang Italia sastra akademi didirikan di Roma pada tahun 1690.
SEJARAH
____________
Pada awal dari tanggal Academy Arcadian Februari,, 1656 ketika lingkaran sastra yang dibentuk di bawah perlindungan Ratu Christina dari Swedia , yang telah turun tahta mahkota Swedia pada 1654, dikonversi ke Katolik, dan diambil kediamannya di Roma, di mana ia menghabiskan banyak dari sisa hidupnya. Di sana ia menjadi pelindung signifikan musik dan opera, dengan komposer termasuk Alessandro Scarlatti , Alessandro Stradella dan Arcangelo Corelli mendedikasikan karya padanya. Setelah kematiannya pada tahun 1689, Akademi Arcadia didirikan dalam ingatannya, pemilihan Ratu akhir sebagai kepala simbolik (Basilissa, istilah Yunani untuk 'Ratu'). Akademi ini akan berlangsung selama dua ratus tahun ke depan, tetap menjadi lembaga kebudayaan terkemuka dalam abad ke-20.Sejarah
The Academy of Arcadia disebut demikian karena niat utamanya adalah untuk mereformasi diksi puisi Italia, yang para pendiri diyakini telah menjadi korup melalui lebih-mengumbar ornamen dalam gaya baroque, di bawah inspirasi sastra pastoral, konvensi yang membayangkan kehidupan gembala, awalnya seharusnya telah tinggal di Arcadia pada zaman keemasan, yang diinspirasikan Allah dalam puisi oleh Muses , Apollo , Hermes dan Pan . Akademi memilih sebagai lambang nya pipa dari Pan dengan tujuh buluh yang tidak sama.
Keempat belas pendiri dipilih sebagai custode pertama di Arcadia atau presiden Academy, Giovanni Mario Crescimbeni yang merupakan penulis dari sejarah puisi Italia dan karya sastra berbagai. Para Arcadians memutuskan untuk kembali ke bidang kebenaran, selalu bernyanyi mata pelajaran kesederhanaan pastoral dan menggambar inspirasi dari Yunani-Romawi puisi tanah pedesaan bergulir. Parameter yang ideal untuk karya artistik adalah kesederhanaan dan rasa ukuran dan keindahan. Umum untuk semua penyair adalah keinginan untuk menentang puisi Marinists , dan kembali ke puisi klasik, merangkul juga pengaruh rasionalis baru-baru ini Descartes . Norma dan ritual Akademi mengambil isyarat mereka dari mitologi klasik dan pastoral, seperti dalam kebiasaan asumsi 'pastoral' nama; ( Crescimbeni , misalnya, memilih bahwa Alfesibeo Cario). Keempat belas anggota pendiri termasuk nyanyian Silvio Stampiglia .
Pertemuan khidmat pertama Arcadians diadakan pada Janiculum bukit, di kayu milik Minorit Reformed , pada tanggal 5 Oktober 1690.
Pada 1692, pertemuan dipindahkan ke kebun dari Duke Orsini pada Esquiline bukit, tahun 1696, ke kebun Farnese di Palatine .Akhirnya, kemurahan hati John V dari Portugal , salah satu anggotanya di bawah nama Arete Melleo, memungkinkan masyarakat untuk mengamankan (1723) pada Janiculum situs yang dikenal sebagai Parrasio Bosco atau (Parrasian Grove). Di sini mereka mengadakan pertemuan mereka di hari-hari musim, di musim dingin pindah ke Teatro degli Arcadi di Palazzo Salviati . Tahun 1696 Accademia mengakui tujuh musisi termasuk Giovanni Bononcini .
Sementara Akademi masih di Palatine tersebut, yang Statuto atau Konstitusi disusun. Ini Konstitusi (karya pendiri Gian Vincenzo Gravina ) dimodelkan pada hukum Romawi kuno ' Tabel Dua Belas ', dan terukir di marmer. Kecenderungan yang berbeda segera menegaskan diri, mengikuti ide dari dua pendiri: bahwa dari Gravina berdiri dalam tradisi Homer dan Dante, sedangkan Crescimbeni lebih dipengaruhi oleh Petrarch . Karena perbedaan Gravina kiri untuk menemukan Accademia dei Quirini tahun 1711. Meskipun kehilangan ini, Arcadia mempertahankan semangatnya dalam tahun-tahun berikutnya, dan menciptakan koloni di banyak kota di Italia.Banyak bangsawan, rohaniwan, dan seniman memegang keanggotaan untuk menjadi suatu kehormatan, dan segera itu berjumlah 1.300. Banyak dari apa yang mereka hasilkan, bagaimanapun, adalah baik biasa-biasa saja atau megah (contoh adalah Saverio Bettinelli 's penghinaan Dante ), meskipun Akademi memang menerima beberapa dukungan atas serangan terhadap berlebihan Rococo gaya, maka dominan dalam seni dan sastra.
Opera terkenal nyanyian Pietro Metastasio (1698-1782) meskipun ia memiliki perbedaan sendiri dengan Arcadia, adalah seorang mahasiswa yang Gravina, dan lampu terkemuka generasi kedua Academy. Karya-karyanya, yang terbaik diingat mungkin Il Pastore Rekarena pengaturan yang oleh Mozart, dapat mewakili hal yang paling dekat pembenaran dari program yang Arcadia dicapai.
Pada 1795, Akademi mengakui Italia Diodata Saluzzo Roero , sebagai salah satu anggota pertamanya perempuan.
Reaksi anti-kekerasan Arcadian segera dikembangkan, dan, mulai dari awal abad ke 19, Arcadianism mulai dianggap sebagai ekspresi akhir dan tidak meyakinkan dari rezim ancien. Setelah akhir Revolusi Perancis , Akademi berusaha untuk memperbarui diri sesuai dengan semangat zaman, tanpa mengorbankan sistem tradisional asosiasi sylvan dan nama pastoral. The Academy tidak lagi mewakili sekolah sastra, tetapi kepentingan umum dalam klasik, dan tokoh-tokoh seperti Dante datang akan sangat dihormati oleh anggotanya.Selain itu, lapangan Academy usaha diperbesar untuk memasukkan banyak cabang studi, termasuk sejarah dan arkeologi.Kebangkitan Arcadian baru ditandai oleh yayasan (1819) dari Arcadico Giornale . Pada tahun 1925 Akademi ini berganti nama menjadi menjadi Accademia Litteraria Italiana, sebuah lembaga sejarah.
The Academy of Arcadia dihitung di antara anggotanya beberapa pria sastra utama waktu, termasuk Menzini , Redi , Metastasio , Rolli, Guidi , dan lain-lain. Komposer terkenal George Frideric Handel diketahui sering menghadiri pertemuan dan simposium dari Akademisi Arcadian ketika belajar di Italia, di bawah perlindungan Ruspoli, anggota terkemuka dari Akademi. Ada rekening menarik dari sejarah Academy dan program 'Journey Italia' Goethe.
Arsip-arsip dari Akademi saat ini ditempatkan di Angelica Biblioteca , di samping gereja Sant'Agostino di Roma . Lukisan-lukisan tersebut disimpan di Braschi Palazzo .
Rabu, 29 Agustus 2012
Erik H. Erickson
Erik H.Erickson
Penjelasan singkat
Teori perkembangan kepribadian yang dikemukakan Erik Erikson merupakan salah satu teori yang memiliki pengaruh kuat dalam psikologi. Bersama dengan Sigmund Freud, Eriksonmendapat posisi penting dalam psikologi. Hal ini dikarenakan ia menjelaskan tahap perkembangan manusia mulai dari lahir hingga lanjut usia. Selain, teori Erikson juga membawa aspek kehidupan sosial dan fungsi budaya yang dianggap lebih realistis.
Dan Ericson membagi teori kepribadian menjadi 3 bagian :
1. Struktur kepribadian
Erickson meluaskan tahap perkembangan Freud sampai usia senja dan pusat dari teorinya lebih banyak menekankan peranan ego. Erikson yakin bahwa ego merupakan kekutan positif yang menciptakan identitas diri. Ego berdasarkan Erikson lebih mengarah kepada pentingnya perubahan yang terjadi pada tahap perkembangan kehidupan (tertuju pada masyarakat dan kebudayaan).
Sebagai pusat kepribadian, ego membantu kita beradaptasi dengan beragam konflik dan krisis kehidupan. Selama masa kanak-kanak, ego sangatlah lemah, fleksibel dan rapuh, tetapi pada masa remaja, ego mulai mengambil bentuk tertentu dan memperoleh kekuatannya.
Erickson mendefinisikan ego sebagai kemampuan pribadi untuk menyatukan pengalaman dan tindakan dengan cara yang adaptif. Erikson menganggap ego sebagai sumber kesadaran diri seseorang. Selama menyesuaikan diri dengan realita, maka ego mengembangkan perasaan keberkelanjutan diri dengan masa lalu dan masa yang akan datang.
Erickson mengidentifikasikan tiga aspek ego yang saling berkaitan:
a) Ego-tubuh
Mengacu pada pengalaman-pengalaman dengan tubuh.
Melihat fisik kita sebagai hal yang berbeda dari milik oranglain.
b) Ideal-ego
Imajinasi yang kita miliki tentang diri kita sendiri yang dibandingkan dengan gambaran ideal ego yang lain.
Ideal-ego bertanggung jawab bagi rasa puas atau tidak, terhadap seluruh identitas personal kita
c) Identitas ego
d) Imajinasi yang kita miliki tentang diri kita di beragam peran sosial yang kita mainkan
2. Dinamika Kepribadian
Bagi Erikson, dinamika kepribadian selalu diwujudkan sebagai hasil interaksi antara kebutuhan dasar biologis dan pengungkapannya sebagai tindakan-tindakan sosial. Hal ini berarti bahwa tahap-tahap kehidupan seseorang dari lahir dibentuk oleh pengaruh-pengaruh sosial yang berinteraksi dengan suatu organisme. Sehingga seseorang tersebut menjadi matang secara fisik dan psikologi.
Kemampuan bawaan penting dalam perkembangan kepribadian namun, ego muncul karena dibentuk oleh masyarakat. Bagi Erickson , pada waktu manusia lahir, ego hadir hanya sebagai potensi namun, untuk menjadi aktual dia harus hadir dalam lingkungan kultural.
Masyarakat yang berbeda, dengan perbedaan kebiasaan cara mengasuh anak, cenderung membentuk kepribadian yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai budayanya Erikson menganggap ego sebagai sumber kesadarn diri seseorang. Selama menyesuaikan diri dengan realita, maka ego mengembangkan perasaan keberkelanjutan diri dengan masa lalu dan masa yang akan datang.
Menurut Erikson, ego berkembang melalui berbagai tahap kehidupan mengikuti prinsip epigenetik, artinya tiap bagian dari ego berkembang pada tahap perkembangan tertentu dalam rentangan waktu tertentu. Tahap perkembangan yang satu terbentuk dan dikembangkan di atas perkembangan sebelumnya (tetapi tidak mengganti perkembangan tahap sebelumnya itu).
3. Perkembangan Kepribadian
Delapan tahap/fase perkembangan kepribadian menurut Erikson memiliki ciri utama setiap tahapnya yaitu di satu pihak bersifat biologis dan di lain pihak bersifat sosial, dan setiap tahap mempuyai masa optimal atau masa kritis yang harus dikembangkan dan diselesaikan. Adapun tingkatan dalam delapan tahap perkembangan yang dilalui oleh setiap manusia menurut Erikson adalah sebagai berikut :
Developmental Stage
Basic Components
Fase Bayi ( 0-1 tahun )
Fase anak-anak ( 2-3 tahun )
Fase Pra sekolah(4-6 tahun)
Usia Sekolah ( 6 -11 tahun )
Remaja ( 12 – 20 tahun )
Dewasa Awal (21-40 tahun)
Dewasa ( 41-65 tahun )
Usia tua ( >65 tahun )
Kepercayaan vs Kecurigaan
Otonomi vs Perasaan malu, ragu-ragu
Inisiatif vs Kesalahan
Kerajinan vs Inferioritas
Identitas vs Kekacauan Identitas
Keintiman vs Isolasi
Generativity vs Stagnasi: Perhatian
Integritas vs Keputusasaan
Trust vs Mistrust (Kepercayaan vs Kecurigaan)
Masa bayi (infancy) ditandai adanya kecenderungan trust – mistrust. Perilaku bayi didasari oleh dorongan mempercayai atau tidak mempercayai orang-orang di sekitarnya. Dia sepenuhnya mempercayai orang tuanya, tetapi orang yang dianggap asing dia tidak akan mempercayainya. Oleh karena itu kadang-kadang bayi menangis bila di pangku oleh orang yang tidak dikenalnya. Ia bukan saja tidak percaya kepada orang-orang yang asing tetapi juga kepada benda asing, tempat asing, suara asing, perlakuan asing dan sebagainya. Kalau menghadapi situasi-situasi tersebut seringkali bayi menangis.
Autonomy vs Shame, Doubt (Otonomi vs Rasa Malu, Ragu-ragu)
Masa kanak-kanak awal (early childhood) ditandai adanya kecenderungan autonomy – shame, doubt. Pada masa ini sampai batas-batas tertentu anak sudah bisa berdiri sendiri, dalam arti duduk, berdiri, berjalan, bermain, minum dari botol sendiri tanpa ditolong oleh orang tuanya, tetapi di pihak lain dia telah mulai memiliki rasa malu dan keraguan dalam berbuat, sehingga seringkali minta pertolongan atau persetujuan dari orang tuanya.
Initiative vs Guilt (Inisiatif vs Rasa Bersalah)
Masa pra sekolah (Preschool Age) ditandai adanya kecenderungan initiative – guilty. Pada masa ini anak telah memiliki beberapa kecakapan, dengan kecakapan-kecakapan tersebut dia terdorong melakukan beberapa kegiatan, tetapi karena kemampuan anak tersebut masih terbatas adakalanya dia mengalami kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut menyebabkan dia memiliki perasaan bersalah, dan untuk sementara waktu dia tidak mau berinisatif atau berbuat.
Industry vs Inferiority (Kegigihan/Industri vs Inferioritas)
Masa Sekolah (School Age) ditandai adanya kecenderungan industry–inferiority. Sebagai kelanjutan dari perkembangan tahap sebelumnya, pada masa ini anak sangat aktif mempelajari apa saja yang ada di lingkungannya. Dorongan untuk mengatahui dan berbuat terhadap lingkungannya sangat besar, tetapi di pihak lain karena keterbatasan-keterbatasan kemampuan dan pengetahuannya kadang-kadang dia menghadapi kesukaran, hambatan bahkan kegagalan. Hambatan dan kegagalan ini dapat menyebabkan anak merasa rendah diri.
Identity vs Identity Confusion (Identitas vs Kebingungan Peran)
Tahap kelima ini merupakan tahap remaja, yang dimulai pada saat masa puber dan berakhir pada usia 18 atau 20 tahun. Masa Remaja (adolescence) ditandai adanya kecenderungan identity – Identity Confusion. Sebagai persiapan ke arah kedewasaan didukung pula oleh kemampuan dan kecakapan-kecakapan yang dimilikinya dia berusaha untuk membentuk dan memperlihatkan identitas diri, ciri-ciri yang khas dari dirinya. Dorongan membentuk dan memperlihatkan identitasdiri ini, pada para remaja sering sekali sangat ekstrim dan berlebihan, sehingga tidak jarang dipandang oleh lingkungannya sebagai penyimpangan atau kenakalan. Dorongan pembentukan identitas diri yang kuat di satu pihak, sering diimbangi oleh rasa setia kawan dan toleransi yang besar terhadap kelompok sebayanya. Di antara kelompok sebaya mereka mengadakan pembagian peran, dan seringkali mereka sangat patuh terhadap peran yang diberikan kepada masing-masing anggota.
Intimacy vs Isolation (Keintiman vs Isolasi)
Tahap pertama hingga tahap kelima sudah dilalui, maka setiap individu akan memasuki jenjang berikutnya yaitu pada masa dewasa awal yang berusia sekitar 20-30 tahun. Masa Dewasa Awal (Young adulthood) ditandai adanya kecenderungan intimacy – isolation. Kalau pada masa sebelumnya, individu memiliki ikatan yang kuat dengan kelompok sebaya, namun pada masa ini ikatan kelompok sudah mulai longgar. Mereka sudah mulai selektif, dia membina hubungan yang intim hanya dengan orang-orang tertentu yang sepaham. Jadi pada tahap ini timbul dorongan untuk membentuk hubungan yang intim dengan orang-orang tertentu, dan kurang akrab atau renggang dengan yang lainnya.
Generativity vs Stagnation (Semangat-berbagi vs Penyerapan-diri)
Masa dewasa (dewasa tengah) berada pada posisi ke tujuh, dan ditempati oleh orang-orang yang berusia sekitar 30 sampai 60 tahun. Masa Dewasa (Adulthood) ditandai adanya kecenderungan generativity-stagnation. Sesuai dengan namanya masa dewasa, pada tahap ini individu telah mencapai puncak dari perkembangan segala kemampuannya. Pengetahuannya cukup luas, kecakapannya cukup banyak, sehingga perkembangan individu sangat pesat. Meskipun pengetahuan dan kecakapan individu sangat luas, tetapi dia tidak mungkin dapat menguasai segala macam ilmu dan kecakapan, sehingga tetap pengetahuan dan kecakapannya terbatas. Untuk mengerjakan atau mencapai hal– hal tertentu ia mengalami hambatan.
Ego Integrity vs Despair (Integritas Ego vs Rasa Putus Asa)
Tahap terakhir dalam teorinya Erikson disebut tahap usia senja yang diduduki oleh orang-orang yang berusia sekitar 60 atau 65 ke atas. Masa hari tua (Senescence) ditandai adanya kecenderungan ego integrity – despair. Pada masa ini individu telah memiliki kesatuan atau intregitas pribadi, semua yang telah dikaji dan didalaminya telah menjadi milik pribadinya. Pribadi yang telah mapan di satu pihak digoyahkan oleh usianya yang mendekati akhir. Mungkin ia masih memiliki beberapa keinginan atau tujuan yang akan dicapainya tetapi karena faktor usia, hal itu sedikit sekali kemungkinan untuk dapat dicapai. Dalam situasi ini individu merasa putus asa. Dorongan untuk terus berprestasi masih ada, tetapi pengikisan kemampuan karena usia seringkali mematahkan dorongan tersebut, sehingga keputusasaan acapkali menghantuinya.
Penjelasan singkat
Teori perkembangan kepribadian yang dikemukakan Erik Erikson merupakan salah satu teori yang memiliki pengaruh kuat dalam psikologi. Bersama dengan Sigmund Freud, Eriksonmendapat posisi penting dalam psikologi. Hal ini dikarenakan ia menjelaskan tahap perkembangan manusia mulai dari lahir hingga lanjut usia. Selain, teori Erikson juga membawa aspek kehidupan sosial dan fungsi budaya yang dianggap lebih realistis.
Dan Ericson membagi teori kepribadian menjadi 3 bagian :
1. Struktur kepribadian
Erickson meluaskan tahap perkembangan Freud sampai usia senja dan pusat dari teorinya lebih banyak menekankan peranan ego. Erikson yakin bahwa ego merupakan kekutan positif yang menciptakan identitas diri. Ego berdasarkan Erikson lebih mengarah kepada pentingnya perubahan yang terjadi pada tahap perkembangan kehidupan (tertuju pada masyarakat dan kebudayaan).
Sebagai pusat kepribadian, ego membantu kita beradaptasi dengan beragam konflik dan krisis kehidupan. Selama masa kanak-kanak, ego sangatlah lemah, fleksibel dan rapuh, tetapi pada masa remaja, ego mulai mengambil bentuk tertentu dan memperoleh kekuatannya.
Erickson mendefinisikan ego sebagai kemampuan pribadi untuk menyatukan pengalaman dan tindakan dengan cara yang adaptif. Erikson menganggap ego sebagai sumber kesadaran diri seseorang. Selama menyesuaikan diri dengan realita, maka ego mengembangkan perasaan keberkelanjutan diri dengan masa lalu dan masa yang akan datang.
Erickson mengidentifikasikan tiga aspek ego yang saling berkaitan:
a) Ego-tubuh
Mengacu pada pengalaman-pengalaman dengan tubuh.
Melihat fisik kita sebagai hal yang berbeda dari milik oranglain.
b) Ideal-ego
Imajinasi yang kita miliki tentang diri kita sendiri yang dibandingkan dengan gambaran ideal ego yang lain.
Ideal-ego bertanggung jawab bagi rasa puas atau tidak, terhadap seluruh identitas personal kita
c) Identitas ego
d) Imajinasi yang kita miliki tentang diri kita di beragam peran sosial yang kita mainkan
2. Dinamika Kepribadian
Bagi Erikson, dinamika kepribadian selalu diwujudkan sebagai hasil interaksi antara kebutuhan dasar biologis dan pengungkapannya sebagai tindakan-tindakan sosial. Hal ini berarti bahwa tahap-tahap kehidupan seseorang dari lahir dibentuk oleh pengaruh-pengaruh sosial yang berinteraksi dengan suatu organisme. Sehingga seseorang tersebut menjadi matang secara fisik dan psikologi.
Kemampuan bawaan penting dalam perkembangan kepribadian namun, ego muncul karena dibentuk oleh masyarakat. Bagi Erickson , pada waktu manusia lahir, ego hadir hanya sebagai potensi namun, untuk menjadi aktual dia harus hadir dalam lingkungan kultural.
Masyarakat yang berbeda, dengan perbedaan kebiasaan cara mengasuh anak, cenderung membentuk kepribadian yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai budayanya Erikson menganggap ego sebagai sumber kesadarn diri seseorang. Selama menyesuaikan diri dengan realita, maka ego mengembangkan perasaan keberkelanjutan diri dengan masa lalu dan masa yang akan datang.
Menurut Erikson, ego berkembang melalui berbagai tahap kehidupan mengikuti prinsip epigenetik, artinya tiap bagian dari ego berkembang pada tahap perkembangan tertentu dalam rentangan waktu tertentu. Tahap perkembangan yang satu terbentuk dan dikembangkan di atas perkembangan sebelumnya (tetapi tidak mengganti perkembangan tahap sebelumnya itu).
3. Perkembangan Kepribadian
Delapan tahap/fase perkembangan kepribadian menurut Erikson memiliki ciri utama setiap tahapnya yaitu di satu pihak bersifat biologis dan di lain pihak bersifat sosial, dan setiap tahap mempuyai masa optimal atau masa kritis yang harus dikembangkan dan diselesaikan. Adapun tingkatan dalam delapan tahap perkembangan yang dilalui oleh setiap manusia menurut Erikson adalah sebagai berikut :
Developmental Stage
Basic Components
Fase Bayi ( 0-1 tahun )
Fase anak-anak ( 2-3 tahun )
Fase Pra sekolah(4-6 tahun)
Usia Sekolah ( 6 -11 tahun )
Remaja ( 12 – 20 tahun )
Dewasa Awal (21-40 tahun)
Dewasa ( 41-65 tahun )
Usia tua ( >65 tahun )
Kepercayaan vs Kecurigaan
Otonomi vs Perasaan malu, ragu-ragu
Inisiatif vs Kesalahan
Kerajinan vs Inferioritas
Identitas vs Kekacauan Identitas
Keintiman vs Isolasi
Generativity vs Stagnasi: Perhatian
Integritas vs Keputusasaan
Trust vs Mistrust (Kepercayaan vs Kecurigaan)
Masa bayi (infancy) ditandai adanya kecenderungan trust – mistrust. Perilaku bayi didasari oleh dorongan mempercayai atau tidak mempercayai orang-orang di sekitarnya. Dia sepenuhnya mempercayai orang tuanya, tetapi orang yang dianggap asing dia tidak akan mempercayainya. Oleh karena itu kadang-kadang bayi menangis bila di pangku oleh orang yang tidak dikenalnya. Ia bukan saja tidak percaya kepada orang-orang yang asing tetapi juga kepada benda asing, tempat asing, suara asing, perlakuan asing dan sebagainya. Kalau menghadapi situasi-situasi tersebut seringkali bayi menangis.
Autonomy vs Shame, Doubt (Otonomi vs Rasa Malu, Ragu-ragu)
Masa kanak-kanak awal (early childhood) ditandai adanya kecenderungan autonomy – shame, doubt. Pada masa ini sampai batas-batas tertentu anak sudah bisa berdiri sendiri, dalam arti duduk, berdiri, berjalan, bermain, minum dari botol sendiri tanpa ditolong oleh orang tuanya, tetapi di pihak lain dia telah mulai memiliki rasa malu dan keraguan dalam berbuat, sehingga seringkali minta pertolongan atau persetujuan dari orang tuanya.
Initiative vs Guilt (Inisiatif vs Rasa Bersalah)
Masa pra sekolah (Preschool Age) ditandai adanya kecenderungan initiative – guilty. Pada masa ini anak telah memiliki beberapa kecakapan, dengan kecakapan-kecakapan tersebut dia terdorong melakukan beberapa kegiatan, tetapi karena kemampuan anak tersebut masih terbatas adakalanya dia mengalami kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut menyebabkan dia memiliki perasaan bersalah, dan untuk sementara waktu dia tidak mau berinisatif atau berbuat.
Industry vs Inferiority (Kegigihan/Industri vs Inferioritas)
Masa Sekolah (School Age) ditandai adanya kecenderungan industry–inferiority. Sebagai kelanjutan dari perkembangan tahap sebelumnya, pada masa ini anak sangat aktif mempelajari apa saja yang ada di lingkungannya. Dorongan untuk mengatahui dan berbuat terhadap lingkungannya sangat besar, tetapi di pihak lain karena keterbatasan-keterbatasan kemampuan dan pengetahuannya kadang-kadang dia menghadapi kesukaran, hambatan bahkan kegagalan. Hambatan dan kegagalan ini dapat menyebabkan anak merasa rendah diri.
Identity vs Identity Confusion (Identitas vs Kebingungan Peran)
Tahap kelima ini merupakan tahap remaja, yang dimulai pada saat masa puber dan berakhir pada usia 18 atau 20 tahun. Masa Remaja (adolescence) ditandai adanya kecenderungan identity – Identity Confusion. Sebagai persiapan ke arah kedewasaan didukung pula oleh kemampuan dan kecakapan-kecakapan yang dimilikinya dia berusaha untuk membentuk dan memperlihatkan identitas diri, ciri-ciri yang khas dari dirinya. Dorongan membentuk dan memperlihatkan identitasdiri ini, pada para remaja sering sekali sangat ekstrim dan berlebihan, sehingga tidak jarang dipandang oleh lingkungannya sebagai penyimpangan atau kenakalan. Dorongan pembentukan identitas diri yang kuat di satu pihak, sering diimbangi oleh rasa setia kawan dan toleransi yang besar terhadap kelompok sebayanya. Di antara kelompok sebaya mereka mengadakan pembagian peran, dan seringkali mereka sangat patuh terhadap peran yang diberikan kepada masing-masing anggota.
Intimacy vs Isolation (Keintiman vs Isolasi)
Tahap pertama hingga tahap kelima sudah dilalui, maka setiap individu akan memasuki jenjang berikutnya yaitu pada masa dewasa awal yang berusia sekitar 20-30 tahun. Masa Dewasa Awal (Young adulthood) ditandai adanya kecenderungan intimacy – isolation. Kalau pada masa sebelumnya, individu memiliki ikatan yang kuat dengan kelompok sebaya, namun pada masa ini ikatan kelompok sudah mulai longgar. Mereka sudah mulai selektif, dia membina hubungan yang intim hanya dengan orang-orang tertentu yang sepaham. Jadi pada tahap ini timbul dorongan untuk membentuk hubungan yang intim dengan orang-orang tertentu, dan kurang akrab atau renggang dengan yang lainnya.
Generativity vs Stagnation (Semangat-berbagi vs Penyerapan-diri)
Masa dewasa (dewasa tengah) berada pada posisi ke tujuh, dan ditempati oleh orang-orang yang berusia sekitar 30 sampai 60 tahun. Masa Dewasa (Adulthood) ditandai adanya kecenderungan generativity-stagnation. Sesuai dengan namanya masa dewasa, pada tahap ini individu telah mencapai puncak dari perkembangan segala kemampuannya. Pengetahuannya cukup luas, kecakapannya cukup banyak, sehingga perkembangan individu sangat pesat. Meskipun pengetahuan dan kecakapan individu sangat luas, tetapi dia tidak mungkin dapat menguasai segala macam ilmu dan kecakapan, sehingga tetap pengetahuan dan kecakapannya terbatas. Untuk mengerjakan atau mencapai hal– hal tertentu ia mengalami hambatan.
Ego Integrity vs Despair (Integritas Ego vs Rasa Putus Asa)
Tahap terakhir dalam teorinya Erikson disebut tahap usia senja yang diduduki oleh orang-orang yang berusia sekitar 60 atau 65 ke atas. Masa hari tua (Senescence) ditandai adanya kecenderungan ego integrity – despair. Pada masa ini individu telah memiliki kesatuan atau intregitas pribadi, semua yang telah dikaji dan didalaminya telah menjadi milik pribadinya. Pribadi yang telah mapan di satu pihak digoyahkan oleh usianya yang mendekati akhir. Mungkin ia masih memiliki beberapa keinginan atau tujuan yang akan dicapainya tetapi karena faktor usia, hal itu sedikit sekali kemungkinan untuk dapat dicapai. Dalam situasi ini individu merasa putus asa. Dorongan untuk terus berprestasi masih ada, tetapi pengikisan kemampuan karena usia seringkali mematahkan dorongan tersebut, sehingga keputusasaan acapkali menghantuinya.
Rabu, 08 Agustus 2012
Lampu Minyak Menyala Ribuan Tahun ( AMAZING )
Lampu Minyak Yang Menyala Ribuan Tahun
Zaman dulu, semua orang masih menggunakan lampu minyak. Pada abad pertengahan, saat penjarahan makam terjadi ditemukan lampu-lampu kuno ini masih menyala dalam makam-makam tertutup/tersegel di berbagai tempat terutama Eropa. Padahal berdasarkan inkripsi yang tertera di makam atau waktu sejak makam itu dibuat, makam tersebut sudah ada ratusan hingga ribuan tahun sebelum makam itu dibuka. Ini mengartikan lampu-lampu yang diletakkan didalam makam itu terus menyala ribuan tahun lamanya. Apakah benar benda seperti ini ada? Inilah misteri "Lampu Abadi"
Bentuk Lampu Minyak
(Sumber: Wikipedia)
Lampu Minyak
Sebelum membahas misteri ini, ada baiknya kita mengetahui tentang lampu minyak. Lampu minyak adalah lampu yang berfungsi mirip lilin tapi menggunakan minyak sebagai bahan bakarnya. Minyaknya serta sumbunya pun beragam bahannya. Untuk minyak ada yang menggunakan minyak zaitun,minyak ikan, dan sebagainya. Bagian-bagian lampu minyak ini ada lubang untuk mengisi bahan bakar, lubang tempat api keluar, serta pegangan. Cara kerjanya sumbu akan dimasukkan ke dalam lampu, ujungnya diletakkan di tempat keluarnya api, ujung satu lagi di tempat minyak berada. Api dinyalakan dan akan menyerap minyak sebagai bahan bakarnya untuk membuat api terus menyala selama beberapa waktu.
Bagian-bagian Lampu Minyak
(Sumber: Ehow.com)
Misteri Lampu Abadi, Penemuan-Penemuan
Kenapa ditemukan di makam-makam? Itu karena dulu orang beranggapan, orang yang meninggal akan membutuhkan cahaya untuk membimbingnya di alam kematian. Jadi diletakkanlah cahaya di tempat seperti itu.
Berikut "Cerita" tentang penemuan lampu ini:
Plutarch, seorang sejarawan Roma, pernah menulis tentang sebuah lampu di pintu kuil Jupiter Ammon, menurut pendeta disana, lampu tersebut tetap menyala selama berabad-abad tanpa bahan bakar dan tidak bisa dipadamkan angin bahkan air.
St. Augustine, seorang filsuf latin (354-430) mendeskripsikan sebuah kuil di mesir dengan lampu yang tidak bisa dipadamkan angin dan air. Dia meyatakan benda ini sebagai buatan iblis.
Pada tahun 527, di Edessa (atau Antioch), Syria, saat pemerintahan kaisar Justinian, tentara menemukan lampu abadi di lengkungan di pintu gerbang. Lampu itu tertutup terlindungi dari udara. Berdasarkan inskripsi yang tertera disana, lampu itu dinyalakan tahun 27. Berarti lampu tersebut telah menyala selama 500 tahun, sebelum akhirnya dihancurkan oleh tentara yang menemukannya
Pada tahun 1401, dekat Roma sebuah lampu ditemukan di makam Pallas, anak dari Raja Troya, Evander. Yang telah menyala selama lebih dari 2000 tahun, tidak bisa dimatikan dengan cara biasa seperti dengan air dan angin. Cara mematikannya hanya dengan mengisap/menghabiskan seluruh cairan aneh yang terdapat di tempat lampu.
Tapi, Pallas juga Evander hanya ada dalam epos Aeneid, dan diragukan makamnya ada di dunia nyata.
Sekitar tahun 1540, pada masa kepausan Paul III, sebuah lampu ditemukan di dekat Jalan Appian di Roma. Makam tersebut diyakini milik Tulliola, anak dari Cicero, seorang orator Roma. Dia meninggal pada tahun 44 Sebelum Masehi. Versi untuk kasus ini bervariasi, ada yang mengatakan ditemukan tahun 1480 dan Tulliola meninggal 45 S.M. Lampu yang ditemukan ini mati dan tidak bisa dinyalakan kembali karena dibukanya pintu makam, dikarenakan "Bertemu" dengan udara.
Pada tahun 1534, saat masa Raja Henry VIII melakukan pemisahan Gereja Inggris dengan Gereja Katolik Roma dan kejadian Pembubaran Biara, banyak makam yang dijarah. di Yorkshire, sebuah lampu yang menyala ditemukan di makam Constantious Chlorus, ayah dari Konstantinus Agung. Beliau meninggal pada tahun 300, yang berarti lampu itu terus menyala selama lebih dari 1200 tahun.
Di Perancis, dekat Grenoble, pada pertengahan abad ke-17, seorang tentara Swiss muda, Du Praz tak sengaja menemukan pintu masuk makam kuno. Dia menemukan lampu yang menyala dan membawanya ke Biara. Para pendeta pun kaget melihat penemuan itu dan lampu tersebut disimpan di biara, beberapa bulan kemudian seorang pendeta menjatuhkannya dan hancurlah lampu itu. Saat dia tua, Du Praz menceritakan ini pada Johann Helfrich Jungken, yang lalu mempublikasikan lewat risalahnya "Curious Experimental Chemistry" Pada 1681
Baptista Porta atau Giovanni Della Porta, dalam risalahnya "Natural Magic", tahun 1550, di Pulau Nesis, teluk Naples, sebuah makam ditemukan dengan lampu menyala terang didalamnya, lampu itu ada di dalam tabung kaca. Namun beberapa saat masuknya udara ke makam, lampu tersebut jadi memucat dan mati dengan cepat. Makam itu dikatakan sudah ada sebelum era Kristus dimulai.
Ludovicus Vives, pada suratnya pada St. Augustine di tahun 1610, menulis tentang ditemukannya lampu di zaman ayahnya, pada 1580 sesudah masehi. Berdasarkan Inskripsi, lampu itu telah menyala selama 1500 tahun tapi hancur berkeping-keping ketika disentuh. Ludovicus tidak sepandang dengan St. Augustine, dia berpikir lampu tersebut adalah hasil penemuan seseorang yang ahli dan bijak, bukan buatan iblis.
Sebuah penemuan lagi terjadi pada sekitar tahun 1500 di dekat Ateste, kota kecil di Padua, Italia oleh seorang dari pedesaan yang sedang menggali di lapangannya, menemukan kotak besar, berpikir menemukan harta karun, dibukalah secara paksa oleh orang itu. Didalamnya ditemukan guci tanah liat, bersama dengan 2 guci kecil, yang satu dari emas dan satu lagi dari perak. Di guci kecil ini ada cairan aneh. Di guci tanah liat, didalamnya ada guci tanah liat kecil yang didalamnnya terdapat lampu yang menyala. Di guci tanah liat luar, terdapat inkripsi dalam bahasa latin yang sekiranya memiliki arti:
"Pelayanan ini dipersembahkan untuk Pluto. Pencuri, jangan menyentuhnya.Tempat ini tidak diketahui karena ada didalam bumi. Maximus Olybius mempersembahkan ini dengan tepat. Benda ini disini sebagai pelindung dirinya dan kekayaanya. Cairan ini tidak bernilai selama istirahatnya"
Dalam Guci kecil berisi inskripsi:
"Pergilah dari sini, pergilah pencuri. Kau, yang berwajah dan berpakaian seperti mata-mata. Pergilah secepat merkurius, dengan topi dan caduceusnya. Tinggalkan persembahan hebat Maximus Olybius untuk Pluto"
Berdasarkan manifesto Fama Fraternatis, makam Christian Rosenkreuz, pendiri Persaudaraan Rosicrucian, dibuka 120 setelah kematiannya oleh orang desa. Didalamnya ditemukan lampu yang menyala terang, tapi saat orang itu semakin masuk dan tanpa sengaja menginjak sesuatu (mungkin pemicu) di lantai, Automaton didalam makam itu bergerak mekanis dan menghancurkan lampu tersebut dengan tongkat. Maka lampu itu tetap menjadi rahasia.
Dikatakan ada 2 lampu yang disimpan di Universitas Leyden. Tapi tidak ada info lebih lanjut mengenai benda ini disana.
Selain itu lampu ini ditemukan juga di makam tersegel dekat Memphis dan Kuil Brahmin di India, tapi ketika udara masuk, api mati dan membuat bahan bakar menguap. Ada yang mengatakan juga lampu abadi ditemukan di berbagai penjuru dunia.
(Lampu "Abadi" dari Jepang menggunakan sistem pompa udara)
Usaha - Usaha Memecahkan Misteri
Pada masa-masa ini, pengaruh abad pertengahan masih sangat besar dan masa sulit untu belajar dan meneliti, jadi banyak sekali orang yang menganggap suatu hal yang aneh dan misterius sebagai hasil kerja buatan Iblis.
Fransisco Torreblanco mempublikasikan buku teksnya pada tahun 1623, dimana dia bertanya "Apakah benda ini hasil kerja setan?", biarpun pada akhirnya dia berpendapat benda ini sebagai keajaiban alam. Dapat dibuat dengan bahan yang tepat dan penemu yang terampil.
Setelah Torreblanco dan beberapa ahli lain memikirkan masalah ini, menjadi sedikit ahli yang percaya akan benda ini dibuat oleh iblis. Biarpun beberapa ada yang skeptis, seperti Johannes Faber, Sir Kenelm Digby, Pierre Petit dan beberapa orang lainnya, yang berkesimpulan lampu seperti ini tidak ada. Ada juga yang berargumen orang yang menemukan lampu ini salah lihat, mereka sebenarnya melihat kilatan besi atau permata didalam makan yang gelap, dan salah mengidentifikasikannya sebagai api yang menyala.
Matematikawan Perancis Marin Mersenne (1588-1648), tidak hanya percaya akan lampu abadi ini, bahkan dia membuat resepnya. Sayangnya resepnya hilang, kemungkinan resep Mersenne mirip dengan resep dari Benedetto Mazzota (1653) yang membuat sumbu dari asbes dan minyak yang terbuat dari kotoran manusia.
Beberapa percaya lampu tersebut menggunakan sumbu dari Asbes, atau yang biasa disebut para Alkemis Salamander's Wool. Minyaknya juga menggunakan Produk Alkimia.
Athanasius Kircher, seorang Sarjana Yesuit berusaha mengekstraksi minyak dari asbes karena percaya benda itu tahan api dan mampu membuat lampu. Tapi setelah dua tahun percobaan tanpa hasil, dia mengatakan hal ini mustahil.
Pada tahun 1669, Alkemis Jerman Hennig Brand dari Hamburg menemukan zat berupa besi lunak yang dapat menyala dalam gelap. Zat ini yang kita sebut sebagai Fosfor.
Tahun 1674, Eksperimenter dan Naturalis Inggris, Robert Plot, melakukan studi tentang lampu ini. Awalnya dia mensurvei literatur abad 16 ke belakang dan menemukan cukup testimoni para saksi mata akan keberadaan lampu tersebut. Dari situ Plot berpikir, apa yang membuat sumbu itu tahan lama? Dulu dikatakan menggunakan asbes, tapi menurutnya besi biasa sudah cukup. Dia melakukan percobaan dengan kawat besi, yang gagal menahan api. Berikutnya dia menemukan penggunaan kawat emas yang tahan api dan tahan korosi.
Berikutnya bahan bakarnya, dia bertanya bahan apa yang digunakan? Tidak ada minyak, semurni apapun yang terbakar sekian lamanya untuk menyalakan api seribu tahunan. Dia mengira solusinya adalah sumber minyak besar di sekitar lampu. Jika makam dibuat disekitar sumber minyak, maka minyak akan cukup untuk ribuan tahun. Beberapa ahli juga berasumsi demikian.
Pertanyaan lain terpikir oleh Plot, bagaimana api bisa menyala dalam ruangan tertutup? biarpun oksigen belum di "temukan" pada masa itu, orang-orang sudah yakin pembakaran membutuhkan udara. Plot memutuskan, cahaya akan menyala hanya bila pintu dibuka. Bagaimana caranya? Kawat emas berimpregnasi dengan fosfor yang cukup untuk menyalakan lampu. Fosfor terkadang akan terbakar jika bertemu udara, terutama jika udara itu lembab. Ketika pintu makam dibuka, udara akan masuk dan menyalakan api, inilah teori Plot.
Tapi plot belum memecahkan misteri ini, tidak ada bukti lampu tersebut menggunakan fosfor, bahkan orang dulu pun belum mengenal fosfor, lagipula yang menjadi bahan bakar adalah cairan misterius dalam jumlah normal. Tidak ada sambungan pada sumber minyak atau gas yang pernah dilaporkan.
Resep Lampu Abadi ?
Ada resep lampu abadi dari Willy Schrodter, seorang peneliti Rosicrucian, inilah resepnya:
"Dibutuhkan bahan 1 1/2 Ounce Belerang dan 1 Ounce Alum Bakar. (1 Ounce = 28 gram)
dan menempatkan mereka dalam panci sublimasi setelah pencampuran menyeluruh. Tempatkan mulut panci mirip dengan mulut dengan ini dan segel ikatan ini dengan baik dengan semen tembikar. Panci dengan bagian dalam campuran diatur pada api batubara sehingga menjadi merah panas selama sekitar satu jam, dan massa tetap sublimasi diambil untuk dihancurkan oleh mortir. Setengah boraks murni ditambahkan pada bubuk yang dihasilkan mortir dan kemudian dikurangi menjadi bubuk serupa dalam mortir. Bubuk ini ditempatkan dalam baskom kaca atau porselen dangkal dan ditutupi dengan etil Alkohol (High Rectified Spirit of Wine). Cekungan ini sekarang ditempatkan pada abu panas, yang ada di atas api batu bara di sebuah periuk kecil, dan alkohol dibiarkan menguap perlahan. Ketika benda ini agak menebal seperti minyak, sedikit bagiannya akan dibuang dan diletakkan pada selembar tembaga panas. Sekarang jika benda ini menjadi seperti lilin dan tanpa asap, maka sudah siap, tetapi, jika masih berasap,alkohol harus dituangkan lagi ke dalam baskom dan menguap seperti sebelumnya, dan proses ini harus diulang sampai sampel tidak lagi memancarkan asap saat diuji . Produk ini kemudian siap.
Sumbu sekarang akan dibuat, sekitar 2 inci panjangnya dan setebal bulu ayam besar. Bahan yang digunakan adalah asbes atau putih berserat gipsum (steatit) diikat dengan benang sutra. Benda yang sudah siap kemudian ditempatkan dalam gelas yang kuat, sumbu dimasukkan dan bahan yang tadi disimpan selama 24 jam di pasir panas. Sumbu ditarik ke atas lubang hingga hanya sedikit bagian sumbu terlihat dan tuang massa belerang panas, dan kaca ditempatkan di pasir panas sampai massa belerang mencair dan berkumpul di sekitar sumbu. Akhirnya, lampu yang telah disiapkan dengan cara ini akan menyala dengan cahaya dan ditempatkan di tempat di mana tidak akan terganggu. Kemudian akan terus membakar tanpa pernah mati."
Sebenarnya ada satu resep lagi dari H.P. Blavatsky dalam bukunya Isis Unveiled. Tapi karena resepnya sama dan lebih jelas buatan Willy, saya memilih Willy, jika ingin melihat silakan kunjungi web Sacred Text.
Api Abadi Modern
(Api Abadi "Tomb of Unknown Soldier")
Api abadi tidak hanya ada di zaman dulu, zaman sekarang api abadi banyak dibuat untuk kepentingan peringatan suatu kejadian. Tapi api ini tidak benar-benar abadi, api ini disuplai oleh saluran gas yang terdapat tidak jauh dari api, dan secara tersembunyi tempatnya., contohnya Api Abadi "Tomb of Unknown Soldier" di Rusia, dan Api abadi John F. Kennedy di Amerika. Ada juga api abadi alami yang terus tersuplai gas yang keluar dari bumi seperti Api Abadi di Mrapen, Jawa tengah dan "Pintu Neraka" di Turmeknistan
Penjelasan Yang Memungkinkan
Bishop John Wilkins, salah satu penemu Royal Society, mengatakan, Lampu terlihat saat pintu dibuka, dimungkinkan karena Fosforesens, yang merupakan produk alami dari pembusukan hewan dan tumbuhan. Cahaya kecil yang ditimbulkan cukup terang karena keadaan sekitar yang begitu gelap. Karena cahaya itulah, muncul kesan kalau cahaya itu berasal dari api. Tapi dia tidak mengatakan, selain karena bahan bakar, ada kemungkinan suplai udara masuk untuk melakukan pembakaran.Dengan adanya fosforesens, orang mengira "seni" membuat lampu telah ditemukan, tapi nyatanya kemampuan fosforesensi akan hilang setelah beberapa lama dalam kegelapan, dan perlu di ekpos lagi pada cahaya untuk mengaktifkan kembali pencahayaanya.
Jika dilihat dari cerita yang ada, sudah cukup aneh untuk keberadaan benda ini, dari Makam Pallas yang seharusnya tidak ada (Makam Pallas yang ada hanyalah Pallas seorang budak yang dibebaskan, bukan anak dari seorang raja troya). Semua nasib lampu sama, yaitu hancur atau mati. Tapi dari cerita, jenis lampu yang ada cukup bervariasi, dari ada yang tidak bisa mati oleh angin bahkan air, dan hanya bisa dimatikan dengan menghabiskan cairan bahan bakarnya, ada juga yang mati ketika bertemu udara. Kedua jenis ini bisa dibilang mustahil, api biasanya mati dikenai air atau angin. Dan jenis yang kedua, Api justru menyala bila bertemu udara, bukannya mati. Bahkan Api butuh udara untuk proses pembakaran, sedangkan dalam makam tersegel, udara yang ada akan habis untuk awal pembakaran lampu. Apakah benar seperti ini bendanya?
Beberapa pertanyaan lain muncul, mengapa tidak ditemukan lampu lagi? Apakah semua sudah terjarah habis? Harusnya jika lampu ini tersebar luas, masih akan ditemukan bahkan saat renaisans, apakah yang terjadi? Dari apakah benda tersebut dibuat? Adakah rahasia tak terlihat dari lampu itu?
Kita ketahui diatas ada beberapa deskripsi akan benda ini, yaitu Sumbu berasal dari Asbes (Zaman itu mayoritas mempercayai ini), Minyak belum jelas asalnya kemungkinan produk alkimia atau menggunakan minyak zaitun atau minyak biasa seperti lampu normal. Sebagian lampu tahan air dan angin, sebagian mati jika bertemu udara. Sebagian lagi ada yang ditutup rapat dalam tabung kaca.
Beberapa penjelasan yang memungkinkan:
- Lampu Abadi hanyalah kesalahan lihat saksi mata yang melihat kilatan cahaya batuan permata (Saksi mata melihat sekilas). Tapi ini tidak dapat menjelaskan api Maximus Olybius juga beberapa lampu lain seperti lampu Du Praz yang terlihat jelas sebagai lampu, juga lampu di Edessa/Antioch dan lampu-lampu lain yang terlihat langsung dan tidak sekilas.
- Lampu abadi yang dilihat adalah kejadian Fosforesensi, sama seperti penjelasan diatas, fosforesensi tidak dapat menjelaskan beberapa kasus. Ditambah lagi sifat fosforesensi yang jarang, dan juga orang zaman itu belum mengenal Fosfor.
- Ada lubang untuk suplai udara dan saluran suplai bahan bakar, ini adalah bukti yang paling mungkin menurut saya, karena lubang ini mudah dibuat secara tersembunyi pada makam, dapat dibuat di sudut yang jarang terlihat, membuat kesan ruang tertutup padahal berongga. Tapi hal ini meyangkal lampu yang mati jika kena udara. Untuk saluran suplai, beberapa ahli seperti Kircher dan lainnya mendukung teori ini, karena salurannya bisa disembunyikan dari penglihatan saksi mata. Tapi menyangkal lampu Du Praz dan Maximus Olybius yang portable.
Dari sumber pun, tipe lampu yang berlawanan akan menyulitkan dan membuat skeptisme. Karena jika kedua tipe ini benar-benar ada, itu berarti bahan yang digunakan berbeda. Atau jika semua tipe lampu sama, ada sumber cerita yang hoax. Entah dari bahan yang berbeda atau kesalahan sumber. Tapi semua cerita ini telah diterima dan masuk dalam berbagai buku serta sumber bahkan masuk koran. Keberadaan lampu ini telah diterima sebagian besar dan hampir lepas dari skeptisme, biarpun isi lampu itu sendiri meragukan.
(Koran Pittsburg, Post-Gazette, Rabu 11 Februari 1903)
Untuk Resep, belum diketahui kebenarannya karena belum ada laporan orang yang berhasil membuatnya. Mungkin kalian bisa mencobanya.
Sayangnya, semua lampu ini hancur, karena dianggap sebagai hasil buatan iblis. Jadi tidak bisa diteliti bahan-bahannya karena benda aslinya pun tidak ada. Sampai sekarang misteri ini masih diperdebatkan dan belum menemukan titik terang.
LAMPU ABADI?
Seorang sarjana Australia Robbert Briggen, berpendapat bahwa manusia jaman prasejarah itu memiliki intelegensi yang lebih maju daripada ilmu pengetahuan yang kita miliki karena mereka memiliki lampu-lampu abadi.
Pada bulan April 1485 mayat seorang gadis bangsawan dari zaman yunani kuno dikeluarkan dari tempat perkuburannya di “Appian Way”. Ketika para penyelidik memasuki tempat pemakamannya, mereka terkejut menemukan sebuah lampu yang menyala sejak 1.500 tahun yang lalu.
Pertanyaannya adalah dengan cara apa para nenek moyang kita membuat lampu yang bisa terus menyala hinga selama itu? Misteri itu masih tetap merupakan misteri yang pelik akan tetapi sejumlah ahli masuh terus berusaha untuk menyelesaikan masalah ini.
Beberapa orang diantara mereka seperti Briggen, mengemukakan pendapat bahwa tenaga yang digunakan untuk menyalakan lampu itu adalah sangat mungkin telah hilang dari permukaan bumi ini. Akan tetapi, tidak ada bukti yang menguatkan teori-teorinya itu. Orang pintar seperti apa yang membuat lampu yang tetap terus menyala hingga 1.500 tahun ?
Perjalanan Mesin Waktu
Mesin Waktu
Beberapa
peneliti menemukan sebuah arloji Swiss di China ketika memproduksi film
dokumenter pada 2008, hal tersebut menjadi kejutan besar. Tidak hanya
karena arloji itu sekecil cincin, tetapi juga berasal dari sebuah makam
dari Dinasti Ming (1368-1644).
“Ketika kami mencoba untuk membersihkan
tanah yang menutupi peti mati, tiba-tiba sebongkah batu jatuh ke tanah
dengan suara logam,” kata Jiang Yanyu, mantan kurator Museum Guangxi,
menurut Daily Mail. “Setelah membersihkan tanah penutup dan memeriksa
lebih jauh, kami terkejut ketika melihat bahwa itu sebuah arloji.”
“Meskipun arloji itu tidak nampak
fungsional karena ukurannya yang kecil, berskala proporsional terhadap
ukuran jam modern biasanya. Arloji itu menunjukkan waktu 10:06 dan
terlihat kata “Swiss” tergores di bagian belakangnya yang berkarat.
“Pada Dinasti Ming, belum ada jam dan
Swiss sebagai sebuah negara tentu bahkan tidak ada,” kata seorang
arkeolog dalam sebuah artikel di Austrian Times.
Makam di mana arloji itu ditemukan,
terletak di Shangsi, China Selatan, diyakini telah ditutup lebih dari
400 tahun yang lalu dan belum pernah dikunjungi sejak pemakaman pada
Dinasti Ming, namun para peneliti memperkirakan bahwa arloji itu baru
berumur 100 tahun.
Sementara arloji dapat dikategorikan
sebagai apa yang disebut Oopart, arloji itu menampilkan dirinya dengan
cara yang berbeda dan radikal. Sebuah Oopart, atau artefak ‘yang bukan
pada tempatnya’, adalah obyek dari zaman kuno dengan fitur yang
mustahil untuk waktu tersebut, terkait dengan tingkat teknologinya.
Sementara Ooparts konvensional tampaknya menjadi artefak teknologi yang
dibuat oleh ras kuno, arloji Swiss itu mengarahkan pada spekulasi bahwa
ada kontak antara seorang penjelajah waktu dari abad lalu dan
orang-orang dari Dinasti Ming.
Tidak adanya penjelasan telah
menyebabkan banyak pemikiran bahwa ‘penjelajah waktu modern’
kemungkinan memberikan hadiah kepada seseorang yang hidup pada Dinasti
Ming sesuatu yang mungkin disukainya selama tinggal di sana, pada zaman
dulu. Atau, mungkin ia melemparkan barang kenang-kenangannya dari masa
depan ke dalam lumpur ketika arloji itu bertepatan mati pada pukul
10:06, waktu yang ditunjukkan oleh jarum arloji itu pada empat abad
kemudian.
Selasa, 07 Agustus 2012
10 UNIVERSITAS TERBAIK DI INDONESIA
10 Universitas Terbaik Di Indonesia
1.Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada merupakan universitas negeri tertua di Indonesia, terletak di Yogyakarta. Didirikan pada 19 Desember 1949, Gadjah Mada merupakan universitas pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka. Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
2. Universitas Indonesia
Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terdapat dibagian Utara dari Depok, Jawa Barat, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah lembaga pendidikan terdepan dan universitas paling bergengsi di Indonesia, dengan ranking yang tertinggi di Indonesia pada peringkat Times Higher Education Supplement World University Rankings of 2006 UI mendapat rangking 395 di THES World University Rankings of 2007, di antara 11000 universitas yang dinilai di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2008, UI menduduki peringkat ke-287 di antara top university di dunia dan pada tahun 2009 menduduki peringkat ke-50 besar di Asia. Pada bulan Oktober 2009, UI menduduki peringkat ke-201 di antara top university di dunia. Universitas Indonesia adalah lembaga pendidikan terdepan dan universitas paling bergengsi di Indonesia, dengan ranking yang tertinggi di Indonesia pada peringkat Times Higher Education Supplement World University Rankings of 2006 UI mendapat rangking 395 di THES World University Rankings of 2007, di antara 11000 universitas yang dinilai di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2008, UI menduduki peringkat ke-287 di antara top university di dunia dan pada tahun 2009 menduduki peringkat ke-50 besar di Asia. Pada bulan Oktober 2009, UI menduduki peringkat ke-201 di antara top university di dunia. Webometrics menempatkan UI di peringkat ke dua sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia di tahun 2011 . Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun mengeluarkan daftar peringkat, yakni pada bulan Januari dan Juli
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Saat ini status ITB adalah BHMN (Badan Hukum Milik Negara). Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.
Asrama mahasiswa, perumahan dosen, dan kantor pusat administrasi tidak terletak di kampus utama namun masih dalam jangkauan yang mudah untuk ditempuh. Fasilitas yang tersedia di kampus di antaranya toko buku, kantor pos, kantin, bank, dan klinik. Selain ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio, ITB memiliki sebuah galeri seni yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olah raga, dan sebuah Campus Center. Di dekat kampus juga terdapat Masjid Salman untuk beribadah dan aktivitas keagamaan umat Islam di ITB. Untuk mendukung pelaksanaan aktivitas akademik dan riset, terdapat fasilitas-fasilitas pendukung akademik, dintaranya Perpustakaan Pusat (dengan koleksi sekira 150.000 buku dan 1000 judul jurnal), Sarana Olah Raga Sasana Budaya Ganesha, Pusat Bahasa, Pusat layanan komputer (ComLabs) dan Observatorium Bosscha (salah satu fasilitas dari Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA), terletak 11 kilometer di sebelah utara Bandung. Rektor ITB saat ini adalah Prof. Dr. Akhmaloka untuk periode 2010-2014.
4. Universitas Airlangga
Universitas Airlangga adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan administrasi Universitas Airlangga dipusatkan di Kantor Manajemen Universitas Airlangga di Kampus C Mulyorejo, Surabaya. Berdiri pada tahun 1954, Unair merupakan salah satu jajaran PTN terkemuka di Indonesia. Saat ini terdapat lebih dari 21.949 mahasiswa terdaftar di Unair. Pada tahun 2009, terdapat 13 fakultas dan program pascasarjana di Unair. Unair adalah termasuk perguruan tinggi papan atas dan bergengsi di Indonesia. Webometrics memposisikan Universitas Airlangga di peringkat ke empat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia di tahun 2011 . Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun mengeluarkan daftar peringkat, yakni pada bulan Januari dan Juli.
Performa Universitas Airlangga sebagai universitas kelas dunia semakin menanjak. Setelah berhasil menduduki posisi 109 dalam 200 Top Asian Universities versi QS pada tahun 2009, maka posisi itu terdongkrak ke ranking 86 yang baru saja diumumkan sebagai hasil penilaian performa tahun 2010. Pada tahun 2010 Universitas Airlangga menduduki posisi ke 3 terbaik universitas di Indonesia setelah Universitas Indonesia (ranking 50 Asia) dan Universitas Gadjah Mada.
5. Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro, lebih dikenal dengan singkatan UNDIP, adalah sebuah universitas di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai universitas swasta dan baru mendapat status perguruan tinggi negeri pada 1961. Kata Diponegoro diambil dari pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran dari Jawa Tengah yang mengobarkan semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian UNDIP. Terkait hubungan Indonesia dengan Malaysia yang memanas, pada Agustus 2009, rektor perguruan tinggi Susilo Wibowo menyatakan bahwa Universitas Diponegoro Semarang sudah berhenti menerima pelajar Malaysia bagi tahun akademik 2009-10
6. Universitas Kristen Petra
Universitas Kristen Petra (UK Petra) merupakan perguruan tinggi swasta nasional di Jawa Timur. Universitas yang berdiri sejak tahun 1961 ini semakin mantap memposisikan diri sebagai perguruan tinggi nasional yang berkualitas dan senantiasa memfokustkan setiap upaya pada pengembangan kualitas pendidikan terbaik. Saat ini UK Petra memiliki mahasiswa sekitar 9.000 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pendidikan yang diselenggarakan meliputi program Pascasarjana dan Strata 1 (S1) yang terdiri dari enam Fakultas yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain program pendidikan akademik, UK Petra juga menyelenggarakan beberapa program profesional yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis bagi para profesional maupun siswa SMA/SMK. Seluruh proses belajar mengajar dan aktivitas penyelenggaraan perguruan tinggi diselenggarakan di area seluas 101.782 m2, berlokasi di jalan Siwalankerto 103-105, 121-131, dan 142-144 Surabaya, yang mudah diakses dengan berbagai sarana transportasi.
7. Universitas Gunadarma
Universitas Gunadarma adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Depok, Jawa Barat, Indonesia. Pada tanggal 7 Agustus 1981, sekelompok ahli ilmu komputer di Indonesia mendirikan pusat pendidikan komputer yang berbentuk akademi dengan nama Akademi Sains dan Komputer. Pada tanggal 10 Agustus 1981, kuliah pertama Akademi Sains dan Komputer diikuti oleh 94 orang mahasiswa. Pada tanggal 10 Juli 1984, secara resmi wadah akademi ditingkatkan menjadi sekolah tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) yang memiliki 2 arti, yaitu nama arsitek ternama yang membangun Candi Borobudur dan mencerminkan bakti kepada masyarakat dalam wujud guna dan darma. Pada tanggal 9 Maret 1985, diadakan acara peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus baru Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma pada areal seluas satu hektar di kawasan Srengseng, Pondok Cina, Depok. Pada tanggal 5 Oktober 1985, status terdaftar diperoleh STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985 di mana STMIK Gunadarma mengasuh dua jenjang pendidikan, yaitu program pendidikan strata satu (S1) dan diploma (D3). Adapun jurusan yang dimiliki adalah Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Pada tanggal 5 Januari 1987, kampus baru STMIK Gunadarma yang terletak di Srengseng, Pondok Cina, Depok diresmikan penggunaannya. Pada tanggal 24 Januari 1987, dilaksanakan wisuda perdana STMIK Gunadarma yang diikuti oleh 10 orang sarjana komputer bertempat di Balai Sidang Senayan, Jakarta. Pada tanggal 10 Mei 1993, STMIK Gunadarma terakreditasi berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 263/DIKTI/Kep/1993 untuk menyelenggarakan program pendidikan pascasarjana di bidang sistem informasi. Pada tanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 92/Kep/Dikti/1996 dengan menaungi enam fakultas.
8. Universitas Andalas
Universitas Andalas (Unand) adalah perguruan tinggi negeri di Padang, Indonesia, yang berdiri pada 23 Desember 1955. Rektor Universitas Andalas sejak tahun 2006 adalah Prof. Dr. Musliar Kasim.
9. Intitut Teknologi Surabaya
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah sebuah perguruan tinggi di Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia, yang merupakan pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia. ITS terkenal dengan keunggulan di bidang teknologi perkapalan dan robotika. Saat ini ITS sedang dalam proses untuk mendapatkan international recognition sehingga mulai tahun akademik 2005/2006 ITS tidak hanya menerima lulusan SLTA Indonesia, tapi juga pelajar lulusan luar negeri. Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 hektare dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2.
10. Universitas negeri Malang
Universitas Negeri Malang (disingkat UM) adalah perguruan tinggi negeri di Malang, Indonesia, yang berdiri pada 18 Oktober 1954. Merupakan perubahan dari IKIP Malang, yang merupakan IKIP tertua di Indonesia. Singkatan resmi dari namanya adalah “UM” yang merupakan akronim dari Universitas Negeri Malang.Rektor UM saat ini adalah Prof. Dr. H. Soeparno untuk masa jabatan 2005-2010.
1.Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada merupakan universitas negeri tertua di Indonesia, terletak di Yogyakarta. Didirikan pada 19 Desember 1949, Gadjah Mada merupakan universitas pertama yang didirikan setelah Indonesia merdeka. Pada saat didirikan, Universitas Gadjah Mada hanya memiliki enam fakultas, sekarang memiliki 18 Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana (dahulu bernama Program Pascasarjana), dan lebih dari 100 Program Studi untuk S-2,S-3, dan Spesialis. Universitas Gadjah Mada berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta. Sebagian besar fakultas dalam lingkungan Universitas Gadjah Mada terdiri atas beberapa jurusan/bagian dan atau program studi. Kegiatan Universitas Gadjah Mada dituangkan dalam bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
2. Universitas Indonesia
Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terdapat dibagian Utara dari Depok, Jawa Barat, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah lembaga pendidikan terdepan dan universitas paling bergengsi di Indonesia, dengan ranking yang tertinggi di Indonesia pada peringkat Times Higher Education Supplement World University Rankings of 2006 UI mendapat rangking 395 di THES World University Rankings of 2007, di antara 11000 universitas yang dinilai di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2008, UI menduduki peringkat ke-287 di antara top university di dunia dan pada tahun 2009 menduduki peringkat ke-50 besar di Asia. Pada bulan Oktober 2009, UI menduduki peringkat ke-201 di antara top university di dunia. Universitas Indonesia adalah lembaga pendidikan terdepan dan universitas paling bergengsi di Indonesia, dengan ranking yang tertinggi di Indonesia pada peringkat Times Higher Education Supplement World University Rankings of 2006 UI mendapat rangking 395 di THES World University Rankings of 2007, di antara 11000 universitas yang dinilai di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2008, UI menduduki peringkat ke-287 di antara top university di dunia dan pada tahun 2009 menduduki peringkat ke-50 besar di Asia. Pada bulan Oktober 2009, UI menduduki peringkat ke-201 di antara top university di dunia. Webometrics menempatkan UI di peringkat ke dua sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia di tahun 2011 . Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun mengeluarkan daftar peringkat, yakni pada bulan Januari dan Juli
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berkedudukan di Kota Bandung. ITB didirikan pada tanggal 2 Maret 1959. Saat ini status ITB adalah BHMN (Badan Hukum Milik Negara). Kampus utama ITB saat ini merupakan lokasi dari sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia. Walaupun masing-masing institusi pendidikan tinggi yang mengawali ITB memiliki karakteristik dan misi masing-masing, semuanya memberikan pengaruh dalam perkembangan yang menuju pada pendirian ITB.
Asrama mahasiswa, perumahan dosen, dan kantor pusat administrasi tidak terletak di kampus utama namun masih dalam jangkauan yang mudah untuk ditempuh. Fasilitas yang tersedia di kampus di antaranya toko buku, kantor pos, kantin, bank, dan klinik. Selain ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio, ITB memiliki sebuah galeri seni yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olah raga, dan sebuah Campus Center. Di dekat kampus juga terdapat Masjid Salman untuk beribadah dan aktivitas keagamaan umat Islam di ITB. Untuk mendukung pelaksanaan aktivitas akademik dan riset, terdapat fasilitas-fasilitas pendukung akademik, dintaranya Perpustakaan Pusat (dengan koleksi sekira 150.000 buku dan 1000 judul jurnal), Sarana Olah Raga Sasana Budaya Ganesha, Pusat Bahasa, Pusat layanan komputer (ComLabs) dan Observatorium Bosscha (salah satu fasilitas dari Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA), terletak 11 kilometer di sebelah utara Bandung. Rektor ITB saat ini adalah Prof. Dr. Akhmaloka untuk periode 2010-2014.
4. Universitas Airlangga
Universitas Airlangga adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan administrasi Universitas Airlangga dipusatkan di Kantor Manajemen Universitas Airlangga di Kampus C Mulyorejo, Surabaya. Berdiri pada tahun 1954, Unair merupakan salah satu jajaran PTN terkemuka di Indonesia. Saat ini terdapat lebih dari 21.949 mahasiswa terdaftar di Unair. Pada tahun 2009, terdapat 13 fakultas dan program pascasarjana di Unair. Unair adalah termasuk perguruan tinggi papan atas dan bergengsi di Indonesia. Webometrics memposisikan Universitas Airlangga di peringkat ke empat sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia di tahun 2011 . Webometrics adalah lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol, yang dua kali dalam setahun mengeluarkan daftar peringkat, yakni pada bulan Januari dan Juli.
Performa Universitas Airlangga sebagai universitas kelas dunia semakin menanjak. Setelah berhasil menduduki posisi 109 dalam 200 Top Asian Universities versi QS pada tahun 2009, maka posisi itu terdongkrak ke ranking 86 yang baru saja diumumkan sebagai hasil penilaian performa tahun 2010. Pada tahun 2010 Universitas Airlangga menduduki posisi ke 3 terbaik universitas di Indonesia setelah Universitas Indonesia (ranking 50 Asia) dan Universitas Gadjah Mada.
5. Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro, lebih dikenal dengan singkatan UNDIP, adalah sebuah universitas di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai universitas swasta dan baru mendapat status perguruan tinggi negeri pada 1961. Kata Diponegoro diambil dari pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran dari Jawa Tengah yang mengobarkan semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian UNDIP. Terkait hubungan Indonesia dengan Malaysia yang memanas, pada Agustus 2009, rektor perguruan tinggi Susilo Wibowo menyatakan bahwa Universitas Diponegoro Semarang sudah berhenti menerima pelajar Malaysia bagi tahun akademik 2009-10
6. Universitas Kristen Petra
Universitas Kristen Petra (UK Petra) merupakan perguruan tinggi swasta nasional di Jawa Timur. Universitas yang berdiri sejak tahun 1961 ini semakin mantap memposisikan diri sebagai perguruan tinggi nasional yang berkualitas dan senantiasa memfokustkan setiap upaya pada pengembangan kualitas pendidikan terbaik. Saat ini UK Petra memiliki mahasiswa sekitar 9.000 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pendidikan yang diselenggarakan meliputi program Pascasarjana dan Strata 1 (S1) yang terdiri dari enam Fakultas yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain program pendidikan akademik, UK Petra juga menyelenggarakan beberapa program profesional yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis bagi para profesional maupun siswa SMA/SMK. Seluruh proses belajar mengajar dan aktivitas penyelenggaraan perguruan tinggi diselenggarakan di area seluas 101.782 m2, berlokasi di jalan Siwalankerto 103-105, 121-131, dan 142-144 Surabaya, yang mudah diakses dengan berbagai sarana transportasi.
7. Universitas Gunadarma
Universitas Gunadarma adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Depok, Jawa Barat, Indonesia. Pada tanggal 7 Agustus 1981, sekelompok ahli ilmu komputer di Indonesia mendirikan pusat pendidikan komputer yang berbentuk akademi dengan nama Akademi Sains dan Komputer. Pada tanggal 10 Agustus 1981, kuliah pertama Akademi Sains dan Komputer diikuti oleh 94 orang mahasiswa. Pada tanggal 10 Juli 1984, secara resmi wadah akademi ditingkatkan menjadi sekolah tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma (STKG) yang memiliki 2 arti, yaitu nama arsitek ternama yang membangun Candi Borobudur dan mencerminkan bakti kepada masyarakat dalam wujud guna dan darma. Pada tanggal 9 Maret 1985, diadakan acara peletakan batu pertama pembangunan gedung kampus baru Sekolah Tinggi Komputer Gunadarma pada areal seluas satu hektar di kawasan Srengseng, Pondok Cina, Depok. Pada tanggal 5 Oktober 1985, status terdaftar diperoleh STMIK Gunadarma melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0424/0/1985 di mana STMIK Gunadarma mengasuh dua jenjang pendidikan, yaitu program pendidikan strata satu (S1) dan diploma (D3). Adapun jurusan yang dimiliki adalah Jurusan Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Pada tanggal 5 Januari 1987, kampus baru STMIK Gunadarma yang terletak di Srengseng, Pondok Cina, Depok diresmikan penggunaannya. Pada tanggal 24 Januari 1987, dilaksanakan wisuda perdana STMIK Gunadarma yang diikuti oleh 10 orang sarjana komputer bertempat di Balai Sidang Senayan, Jakarta. Pada tanggal 10 Mei 1993, STMIK Gunadarma terakreditasi berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 263/DIKTI/Kep/1993 untuk menyelenggarakan program pendidikan pascasarjana di bidang sistem informasi. Pada tanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma dikukuhkan menjadi Universitas Gunadarma berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 92/Kep/Dikti/1996 dengan menaungi enam fakultas.
8. Universitas Andalas
Universitas Andalas (Unand) adalah perguruan tinggi negeri di Padang, Indonesia, yang berdiri pada 23 Desember 1955. Rektor Universitas Andalas sejak tahun 2006 adalah Prof. Dr. Musliar Kasim.
9. Intitut Teknologi Surabaya
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah sebuah perguruan tinggi di Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia, yang merupakan pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia. ITS terkenal dengan keunggulan di bidang teknologi perkapalan dan robotika. Saat ini ITS sedang dalam proses untuk mendapatkan international recognition sehingga mulai tahun akademik 2005/2006 ITS tidak hanya menerima lulusan SLTA Indonesia, tapi juga pelajar lulusan luar negeri. Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 hektare dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2.
10. Universitas negeri Malang
Universitas Negeri Malang (disingkat UM) adalah perguruan tinggi negeri di Malang, Indonesia, yang berdiri pada 18 Oktober 1954. Merupakan perubahan dari IKIP Malang, yang merupakan IKIP tertua di Indonesia. Singkatan resmi dari namanya adalah “UM” yang merupakan akronim dari Universitas Negeri Malang.Rektor UM saat ini adalah Prof. Dr. H. Soeparno untuk masa jabatan 2005-2010.
10 ORANG TERPINTAR DI DUNIA
10 ORANG TERPINTAR DI DUNIA
1. JAMES SIDIS
Bukan Einstein, Bukan Thomas Alva Edison. Tapi ialah William James Sidis. Pria berkewarganegaraan Amerika serikat. IQnya lebih dari IQ 250. Mengapa ia kurang dikenal dunia? Orang ini memang terlalu pintar. Baru berusia 11 tahun, Ia sudah masuk Universitas. Ia menjadi siswa termuda di Universitas Harvard. Seumur hidupnya, Sidis telah menguasai 200 bahasa di Dunia. Bahkan, Ia menghafal 1 jenis bahasa secara keseluruhan hanya dalam waktu 1 hari. Kepintarannya yang luar biasa membuatnya gila. Ia tak punya teman atau pacar. Bahkan ia pergi dari rumah, meninggalkan keluarganya dan mengasingkan diri. Ia meninggal pada usia 46 tahun dalam keadaan menganggur, terasingkan, dan amat miskin.
Bukan Einstein, Bukan Thomas Alva Edison. Tapi ialah William James Sidis. Pria berkewarganegaraan Amerika serikat. IQnya lebih dari IQ 250. Mengapa ia kurang dikenal dunia? Orang ini memang terlalu pintar. Baru berusia 11 tahun, Ia sudah masuk Universitas. Ia menjadi siswa termuda di Universitas Harvard. Seumur hidupnya, Sidis telah menguasai 200 bahasa di Dunia. Bahkan, Ia menghafal 1 jenis bahasa secara keseluruhan hanya dalam waktu 1 hari. Kepintarannya yang luar biasa membuatnya gila. Ia tak punya teman atau pacar. Bahkan ia pergi dari rumah, meninggalkan keluarganya dan mengasingkan diri. Ia meninggal pada usia 46 tahun dalam keadaan menganggur, terasingkan, dan amat miskin.
2. KIM UNG YONG
Satu-Satunya orang paling jenius yang masih hidup sampai saat ini. Tercatat dalam Guinness Book Of Record sebagai pemilik IQ tertinggi di Dunia saat ini, yaitu IQ 210. Ia adalah pria berkewarganegaraan Korea. Mungkin, ia terlahir ke Dunia sebagai bayi ajaib. Kim kecil yang waktu itu baru berusia 3 tahun, sudah dapat membaca-menulis dalam 4 bahasa (Inggris, Korea, Jepang, Jerman). Pada Usianya yang ke 7 tahun, Kim di undang ke Amerika Serikat oleh NASA. Ia menyelesaikan gelar Professor Ph.D di Colorado State University sebelum berusia 16 Tahun. Kembali ke Korea ia mendapatkan gelar Doktor pada bidang teknik sipil. Sekarang ia bekerja untuk NASA.
Satu-Satunya orang paling jenius yang masih hidup sampai saat ini. Tercatat dalam Guinness Book Of Record sebagai pemilik IQ tertinggi di Dunia saat ini, yaitu IQ 210. Ia adalah pria berkewarganegaraan Korea. Mungkin, ia terlahir ke Dunia sebagai bayi ajaib. Kim kecil yang waktu itu baru berusia 3 tahun, sudah dapat membaca-menulis dalam 4 bahasa (Inggris, Korea, Jepang, Jerman). Pada Usianya yang ke 7 tahun, Kim di undang ke Amerika Serikat oleh NASA. Ia menyelesaikan gelar Professor Ph.D di Colorado State University sebelum berusia 16 Tahun. Kembali ke Korea ia mendapatkan gelar Doktor pada bidang teknik sipil. Sekarang ia bekerja untuk NASA.
3. CHRISTOPHER LANGAN
Christopher Michael Langan. Warga Amerika Serikat yang berada dalam daftar nomor 2 Guinness book of Record dengan IQ 195.
Christopher Michael Langan. Warga Amerika Serikat yang berada dalam daftar nomor 2 Guinness book of Record dengan IQ 195.
4. SIR ISAAC NEWTON
Ilmuwan yang menyimpulkan adanya gaya Gravitasi. Yang terkenal dengan pohon apelnya. Ialah Isaac Newton. Seorang Fisikawan, Matematikawan, Filsuf alam, Ahli Astronomi, dan Teolog yang berasal dari Inggris. Newton memiliki IQ 190.
Ilmuwan yang menyimpulkan adanya gaya Gravitasi. Yang terkenal dengan pohon apelnya. Ialah Isaac Newton. Seorang Fisikawan, Matematikawan, Filsuf alam, Ahli Astronomi, dan Teolog yang berasal dari Inggris. Newton memiliki IQ 190.
5. MARYLIN VOS SAVANT
Seorang Pengarang yang berasal dari Amerika Serikat. Tercatat sebagai orang pemilik IQ tertinggi ke 3 di Guinness Book Of Record saat ini. Dengan IQ 186.
Seorang Pengarang yang berasal dari Amerika Serikat. Tercatat sebagai orang pemilik IQ tertinggi ke 3 di Guinness Book Of Record saat ini. Dengan IQ 186.
6. LEONARDO DA VINCI
Seniman terkenal dari Itali. Namun lebih banyak menghabiskan riwayat hidupnya di Perancis. Karya paling terkenal dari Da Vinci adalah lukisan Monalisa. Da Vinci memiliki IQ 180.
Seniman terkenal dari Itali. Namun lebih banyak menghabiskan riwayat hidupnya di Perancis. Karya paling terkenal dari Da Vinci adalah lukisan Monalisa. Da Vinci memiliki IQ 180.
7. JOHANN WOLFGANG VON GOETHE
Seorang Ilmuwan dan Penulis asal Jerman. Goethe adalah tokoh terpenting dalam dunia sastra Jerman. Ia memiliki IQ 179.
Seorang Ilmuwan dan Penulis asal Jerman. Goethe adalah tokoh terpenting dalam dunia sastra Jerman. Ia memiliki IQ 179.
8. EMANUEL SWEDENBORG
Swedenborg adalah seorang Ilmuwan asal Swedia. Ia juga adalah seorang Mistikus Kristen. Pada Usia 56 tahun, ia bermimpi dan mengaku telah ditunjuk tuhan untuk menulis Doktrin Surgawi untuk mereformasi Kristen. Ia juga mengklaim bahwa Tuhan telah membuka matanya sehingga ia mampu melihat Surga Neraka dan berbincang-bincang dengan Malaikat. Ia memiliki IQ 176.
Swedenborg adalah seorang Ilmuwan asal Swedia. Ia juga adalah seorang Mistikus Kristen. Pada Usia 56 tahun, ia bermimpi dan mengaku telah ditunjuk tuhan untuk menulis Doktrin Surgawi untuk mereformasi Kristen. Ia juga mengklaim bahwa Tuhan telah membuka matanya sehingga ia mampu melihat Surga Neraka dan berbincang-bincang dengan Malaikat. Ia memiliki IQ 176.
9. EDMUND SPENSER
Spenser adalah seorang pengrajin asal Inggris yang terkenal dengan karyanya The Faerie Queene. Spenser mimiliki IQ 175.
Spenser adalah seorang pengrajin asal Inggris yang terkenal dengan karyanya The Faerie Queene. Spenser mimiliki IQ 175.
TEORI PERKEMBANGAN ATOM
Perkembangan Teori Atom
1. Teori atom Democritus
Democritus beranggapan bahwa
ada tak terhingga jenis atom di alamsemesta,
di mana masing-masing atom mempunyai sifat tersendiri. “Atomkayu”, sebagai contoh, akan berperilaku berbeda
dengan “atom air”. Sifat-sifatdari atom
ini yang akan terasa oleh indera kita, sebagai warna, berat dan lain-lain. Perkembangan sains telah mengidentifikasi sejumlah
jenis atom, misalferrum
(besi) dan aurum (emas) dan kombinasi atom-atom, misal air dari atomhidrogen dan atom oksigen. Meskipun yang telah dinamakan
“atom” ternyatamasih dapat dibagi lagi
(proton, elektron dan netron) – dan lalu lebih kecil lagi(quark), pemikiran Democritus berpusat bukan pada
‘apakah bagian elementer itu’,
melainkan pada ‘apakah ada bagian elementer itu?’.
Filsuf
spekulatif Yunani dan ilmuwan yang membuat kontribusipenting untuk metafisika dengan teori atom alam
semesta: segalasesuatu yang berasal dari
kisaran yang kecil, tak dpt dibagi partikel, diayang disebut atom, dan berbeda sesuai dengan bentuk dan susunandari masing-atom.
Democritus'
pembahasan konstan gerakan atom untukmenjelaskan
asal alam semesta adalah yang paling ilmiah teoridiusulkan dalam waktu.
Konsep-Nya
datang kepada kami melaluiAristotle's
bekerja di daerah ini.
Democritus
dilahirkan di Thrace
dan perjalanan luas di Timur.
Dia
adalah namabaik untuk menulis lebih dari
70 karya, walaupun hanya ada fragmen bertahan.
Menurut
Democritus' teori, atom tidak dapat dimusnahkan (ide yang miripdengan yang modern teori konservasi yang peduli) dan
mereka ada dalamruang hampa atau kosong,
yang berhubungan dengan ruang antara atom.Atoms dari cair yang halus dan sepanjang; atom yang solid yang mabuk danmengerti satu sama lain.
Atoms
hanya berbeda dalam bentuk, posisi, dan pengaturan
Democritus tidak menggunakan perangkat apa-apa selain
pemikirannya,tetapi sains pada abad
ke-19 menunjukkan bahwa sejauh ini atomisme dapatdibenarkan. Atomisme adalah filsafat alam yang paling
berpengaruh setelah jamanSocrates. Atom dan Kekosongan Filsafat alam mengamati
banyaknya keadaan yang berlawanan, misal panas dan dingin, basah dan kering. Pada setiap
pasangan yang berlawanan ini yang pertama
adalah apa yang kedua bukan. Dengan pemikiran inimaka jika terdapat atom, terdapat pula pasangannya, dalam hal ini
kekosongan (void).Kekosongan adalah
lawan dari atom, atau dapat disebut juga sebagai “anti-atom”.Kalau tidak terdapat kekosongan, maka seluruh alam
akan penuh sesak terisi olehatom yang
berdampingan satu sama lain. Tidak akan ada titik pada permukaan satuatom
yang tidak menyentuh permukaan atom lain. Bayangkan
konsekuensinya:karena bagian atom
– kalau kita ikuti teori (a) pada “Atom Tidak Dapat Dibagi” – tidak dapat bergerak satu sama lain, lalu atom
berdesakan satu sama lain maka tidak akan pergerakan relatif suatu atom terhadap yang lain. Atau dapat
dibayangkan bahwaatom yang
bersebelahan adalah suatu atom sendiri, dan seluruh alam semestahanyalah sebuah “super-atom”! (aliran ini dikemukakan
Melissus) Padahal kitaketahui banyaknya
proses dan perubahan yang terjadi dalam alam semesta, baik dari baju yang digantung mengering (pertanda atom
air meninggalkan baju) atau pertumbuhan
anak menjadi dewasa. Jadi, kalau atom ada, kekosongan itu pasti ada.Pemikiran ini diawali oleh perintis atomisme bahkan
sebelum Democritus, yaituLeucippus.
Leucippus dan Democritus merasakan bahwa eksistensi atom dankekosongan dapat menjelaskan alam secara rasional.
Karena atom adalah abadi danselalu ada
keseimbangan
2. Teori Atom John
Pada tahun 1803, John Dalton mengemukakan mengemukakan pendapatnaya tentang atom. Teori atom
1.
Atom
merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi
2. Atom digambarkan sebagai
bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan
berbeda untuk unsur yang berbeda
3. Atom-atom bergabung
membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya
air terdiri atom-atom hidrogen dan atom-atom oksigen
4. Reaksi kimia merupakan
pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga
atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.
Hipotesa Dalton
digambarkan dengan model atom sebagai bola pejal seperti pada tolak peluru.
Seperti gambar berikut ini:Kelemahan:
Teori dalton tidak menerangkan hubungan antara larutan senyawa dan daya hantar arus listrik.
3. Teori Atom J. J. Thomson
Berdasarkan penemuan tabung katode yang lebih baik oleh William Crookers, maka J.J. Thomson meneliti lebih lanjut tentang sinar katode dan dapat dipastikan bahwa sinar katode merupakan partikel, sebab dapat memutar baling-baling yang diletakkan diantara katode dan anode. Dari hasil percobaan ini, Thomson menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel subatom) yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron.
Atom merupakan partikel yang bersifat netral, oleh karena elektron bermuatan negatif, maka harus ada partikel lain yang bermuatan positifuntuk menetrallkan muatan negatif elektron tersebut. Dari penemuannya tersebut, Thomson memperbaiki kelemahan dari teori atom dalton dan mengemukakan teori atomnya yang dikenal sebagai Teori Atom Thomson. Yang menyatakan bahwa:
“Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya tersebar muatan negatif elektron”
Model atomini dapat digambarkan sebagai jambu biji yang sudah dikelupas kulitnya. biji jambu menggambarkan elektron yang tersebar marata dalam bola daging jambu yang pejal, yang pada model atom Thomson dianalogikan sebagai bola positif yang pejal. Model atom Thomson dapat digambarkan sebagai berikut:
Kelemahan:
Kelemahan model atom Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam bola atom tersebut.
4. Teori Atom
Berdasarkan gejala-gejala yang terjadi, diperoleh beberapa kesipulan beberapa berikut:
1.
Atom
bukan merupakan bola pejal, karena hampir semua partikel alfa diteruskan
2. Jika lempeng emas tersebut
dianggap sebagai satu lapisanatom-atom emas, maka didalam atom emas terdapat
partikel yang sangat kecil yang bermuatan positif.
3. Partikel tersebut
merupakan partikelyang menyusun suatu inti atom, berdasarkan fakta bahwa 1 dari
20.000 partikel alfa akan dibelokkan. Bila perbandingan 1:20.000 merupakan
perbandingan diameter, maka didapatkan ukuran inti atom kira-kira 10.000 lebih
kecil daripada ukuran atom keseluruhan.
Berdasarkan
fakta-fakta yang didapatkan dari percobaan tersebut, Model atom
Kelemahan:
Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom.
5. Teori Atom Bohr
ada tahun 1913, pakar fisika
1.
Hanya
ada seperangkat orbit tertentu yang diperbolehkan bagi satu elektron dalam atom
hidrogen. Orbit ini dikenal sebagai keadaan gerak stasioner (menetap) elektron
dan merupakan lintasan melingkar disekeliling inti.
2. Selama elektron berada
dalam lintasan stasioner, energi elektron tetap sehingga tidak ada energi dalam
bentuk radiasi yang dipancarkan maupun diserap.
3. Elektron hanya dapat
berpindah dari satu lintasan stasioner ke lintasan stasioner lain. Pada peralihan
ini, sejumlah energi tertentu terlibat, besarnya sesuai dengan persamaan
planck, ΔE = hv.
4. Lintasan stasioner yang
dibolehkan memilki besaran dengan sifat-sifat tertentu, terutama sifat yang
disebut momentum sudut.
Besarnya momentum sudut merupakan kelipatan dari h/2∏ atau nh/2∏, dengan n
adalah bilangan bulat dan h tetapan planck.
Menurut model
atom bohr, elektron-elektron mengelilingi inti pada lintasan-lintasan tertentu
yang disebut kulit
elektron atau
tingkat energi. Tingkat
energi paling rendah adalah kulit elektron yang terletak paling dalam, semakin
keluar semakin besar nomor kulitnya dan semakin tinggi tingkat energinya.Kelemahan:
Model atom ini tidak bisa menjelaskan spektrum warna dari atom berelektron banyak.
6. teori atom menurut
Chadwick
James Chadwick (1891-1974) ialah ilmuwan asal
Inggris.
Dididik di Universitas Manchester ,
dan bekerja sama mengenai pemancaran sinar gamma dibimbing Ernest Rutherford,
1st Baron Rutherford of Nelson. Saat PD I
pecah, ia sedang meneliti peluruhan sinar beta di Jerman. Chadwick ditahan
pemerintah Jerman, karena dianggap sebagai musuh. Setelah perang ia bergabung
dengan Ernest Rutherford di Cambridge. Ia memakai hamburan partikel sinar alfa
untuk membuktikan bahwa nomor atom suatu unsur sama dengan muatan nuklir. Ia
dan Rutherford mengajukan usul yang menyatakan
bahwa dalam inti terdapat partikel tak bermuatan, namun mereka belum bisa
mendeteksi partikel itu secara eksperimental sampai 1932. Pada tahun itu
Chadwick berhasil memperlihatkan keberadaan neutron.
Ia menerima Hadiah Nobel pada 1935. Selama PD II,
Chadwick memimpin kelompok ilmuwan Inggris mengembangkan bom atom.
7. Teori Atom Modern
Model atom mekanika kuantum dikembangkan oleh Erwin Schrodinger (1926).Sebelum Erwin Schrodinger, seorang ahli dari Jerman Werner Heisenberg mengembangkan teori mekanika kuantum yang dikenal dengan prinsip ketidakpastian yaitu “Tidak mungkin dapat ditentukan kedudukan dan momentum suatu benda secara seksama pada saat bersamaan, yang dapat ditentukan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti atom”.
Daerah ruang di sekitar inti dengan kebolehjadian untuk mendapatkan elektron disebut orbital. Bentuk dan tingkat energi orbital dirumuskan oleh Erwin Schrodinger.Erwin Schrodinger memecahkan suatu persamaan untuk mendapatkan fungsi gelombang untuk menggambarkan batas kemungkinan ditemukannya elektron dalam tiga dimensi.
Persamaan Schrodinger
x,y
dan z
Y m ђ E V |
=
Posisi dalam tiga dimensi
= Fungsi gelombang = = h/2p dimana h = konstanta plank dan p = 3,14 = Energi total = Energi potensial |
Awan elektron disekitar inti menunjukan tempat kebolehjadian elektron. Orbital menggambarkan tingkat energi elektron. Orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama atau hampir sama akan membentuk sub kulit. Beberapa sub kulit bergabung membentuk kulit.Dengan demikian kulit terdiri dari beberapa sub kulit dan subkulit terdiri dari beberapa orbital. Walaupun posisi kulitnya sama tetapi posisi orbitalnya belum tentu sama.
Ciri khas model atom mekanika gelombang
1.
Gerakan
elektron memiliki sifat gelombang, sehingga lintasannya (orbitnya) tidak
stasioner seperti model Bohr, tetapi mengikuti penyelesaian kuadrat fungsi
gelombang yang disebut orbital (bentuk tiga dimensi darikebolehjadian paling
besar ditemukannya elektron dengan keadaan tertentu dalam suatu atom)
2. Bentuk dan ukuran orbital
bergantung pada harga dari ketiga bilangan kuantumnya. (Elektron yang menempati
orbital dinyatakan dalam bilangan kuantum tersebut)
3. Posisi elektron sejauh
0,529 Amstrong dari inti H menurut Bohr bukannya sesuatu yang pasti, tetapi
bolehjadi merupakan peluang terbesar ditemukannya elektron.
Langganan:
Postingan (Atom)